INOVASI



Inovasi Tahun 2015

Adapun Inovasi Camat Pasar Jambi lakukan dalam penataan PKL melalui relokasi pasar rakyat sesuai dengan  peraturan daerah kota jambi nomor 05 tahun 2006 tentang Pedagang Kaki Lima dan Peraturan Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 47 tahun 2002 tentang Ketertiban umum.

Inovasi Tahun 2016

Lincolin Arsyad (2000) memberikan pengertian pembangunan ekonomi daerah adalah sebagai proses dimana pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya –sumber daya yang ada dan membentuk suatu pola kementerian antara pemerintah daerah dengan sektor             swasta lainnya untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi  (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut. Dalam pembangunan ekonomi daerah yang menjadi pokok permasalahannya adalah terletak pada kebijakan-kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous) dengan menggunakan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara local (daerah).

Orientasi pembangunan ekonomi daerah di wilayah Kecamatan Pasar Jambi mengarah pada inovasi dan kreativitas Camat Pasar Jambi dalam melakukan pengecatan warna warni terhadap 1.289 Ruko-Ruko/Toko  dengan tujuan meningkatkan dan menumbuhkan laju perekonomian di wilayah tersebut dan menjadikan sebagai Rainbow city di Kota Jambi. Hal tersebut sesuai dengan Visi Camat Pasar Jambi menjadikan wilayah Kecamatan Pasar Jambi sebagai kawasan pusat perdagangan di Kota Jambi sehingga menjadi daya tarik para konsumen untuk berbelanja di wilayah tersebut  sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 47 tahun 2002 tentang Ketertiban umum dan Undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Standar Operasional Prosedur Kecamatan Pasar Jambi.

Inovasi Tahun 2017

Adapun Inovasi yang dibuat oleh Camat Pasar Jambi sebagai berikut:

a).    Peningkatan sarana dan Prasarana Paten

Kelengkapan sarana dan prasarana berkaitan dengan kemampuan Kantor Camat Pasar Jambi dalam mendukung dan mensukseskan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Akan tetapi kebanyakan pada umumnya masih banyak prasarana yang tersedia belum memadai untuk standar pelayanan masyarakat yang notabene harus mampu menampung kebutuhan volume masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

 Adapun sarana dan prasarana paten melalui :

- Delivery Service

- Penyatuan Ruang Paten dan UPTD dukcapil serta tersedianya Fasiltas Pelayanan Masyarakat

b).    Kearsipan

Kearsipan berasal dari kata arsip dalam bahasa Inggrisnya file sedangkan kearsipan disebut filing. File adalah bendanya sedangkan filing adalah kegiatannya. system kearsipan adalah suatu rangkain kerja yang teratur yang dapat dijadikan pedoman untuk menyimpan arsip sehingga saat diperlukan arsip tersebut dapat ditemukan cepat dan tepat.Kearsipan juga dapat didefinikasikan sebagai kegiatan yang meliputi penciptaan arsip,penyimpanan arsip (filling), penemuan kembali arsip (finding) dan penyusutan arsip (pengamanan,pemeliharaan,dan pemusnahan) sebagai bagian dari kegiatan kearsipan,filling mempunyai peranan yang sangat penting.

Berdasarkan peraturan Kepala arsip nasional republik Indonesia  nomor 07 tahun 2017 tentang gerakan nasional sadar tertib arsip pada Bab I pasar 1 angka yang berbunyi bahwa gerakan nasional sadar tertib arsip yang selanjutnya disingkat GNSTA adalah upaya untuk peningkatan kesadaran lembaga negara dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya kearsipan, prasarana dan sarana, pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan.

Sesuai peraturan tersebut maka Camat Pasar Jambi membuat Inovasi untuk menyediakan dan membuat arsip dinamis ,statis serta ruang record center room di Kecamatan Pasar Jambi.

c).    Optimalisasi PBB

Adapun Optimalisasi peningkatan  PBB yang dilakukan oleh Camat Pasar Jambi sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 8 Tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 04 tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dengan cara melakukan pembayaran perdana bagi Objek Pajak yang potensial yaitu dengan inovasi.

d).    Peningkatan UKM melalui Program Bangkit  Berdaya

Usaha Kecil Menengah atau sering disebut UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kecil dan menengah sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor  20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah pada BAB I ketentuan umum pasal 1 angka 10 tentang pengembangan terhadap UKM. Dimana pengembangan yang dimaksud adalah upaya yang dilakukan pemerintah, Pemerintah Daerah , Dunia Usaha dan masyarakat untuk memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah melalui pemberian fasilitas, bimbingan, pendampingan, dan bantuan perkuatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut, maka Camat Pasar Jambi mempunyai Inovasi bagaimana untuk mengembangkan UKM di wilayah Kecamatan Pasar Jambi melalui program Bangkit Berdaya dengan cara memberikan dan memperbaiki fasilitas yang layak bagi para UKM dan mempromosikan hal tersebut kepada daerah lain.

Inovasi Tahun 2018

Adapun Inovasi pada tahun 2018 meliputi :

a).  Rainbow Village Kelurahan Beringin

Inovasi Camat Pasar Jambi dengan menjadikan Kelurahan Beringin sebagai Rainbow Village atau Kampung Pelangi yang dapat menarik perhatian masyarakat dari luar dan dalam kota Jambi. Inovasi Camat Pasar Jambi ingin mengubah  sebuah wilayah yang terlihat kumuh dan tidak terawat menjadi wilayah yang bersih dan indah serta bewarna-warni. Dampak Positif Pengecatan warna-warni di wilayah Kelurahan Beringin tersebut dapat meningkatkan ekonomi dan budaya masyarakat setempat sehingga potensi daerah tersebut dapat berkembang dengan baik dikemudian harinya.

Adapun Inovasi Camat Pasar Jambi untuk mengembangkan dan membuat wilayah kumuh di Kelurahan Beringin menjadi wilayah Rainbow Village atau Kampung Pelangi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

b).  Perkemahan Penggalang Prestasi Pasar Jambi Pasar Jambi

Magat Sari adalah  Perkemahan Penggalang Prestasi Pasar Jambi 1 pada kwartir ranting gerakan Pramuka Pasar Jambi tahun 2018. Kampung Magatsari merupakan salah satu program yang direncanakan Camat Pasar Jambi. Adapun kegiatan ini diadakan merupakan inovasi camat pasar jambi untuk lebih meningkatkan pendidikan dan pola pikir yang positif kepada anak-anak sekolah dengan tujuan sebagai ajang pertunjukan bakat bagi para siswa / siswi, dimana dalam kegiatan tersebut mereka dapat menyalurkan kreatifitas serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukan yang layak bagi berbagai kegiatan seni terutama di Pramuka yang mereka minati. Dengan adanya kegiatan tersebut bisa meningkatkan tingkat pendidikan dan pola pikir yang lebih positif untuk siswa/siswi sekolah di wilayah Kecamatan Pasar Jambi sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Dimana kegiatan Kampung Magat Sari Kecamatan Pasar Jambi.




Alamat : Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi
Telp. (0741) 3065985 | Fax. (0741) 64828 | Email: admin@kecpasarjambi.jambikota.go.id 

TIM Informasi Kecamatan Pasar Jambi