Dukung Upaya Pengendalian Inflasi Kota Jambi, Kecamatan Pasar Gelar Pasar Murah

Jambi, InfoPublik – Langkah kongkrit upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi, mulai diakselerasikan oleh semua perangkat dan sumber daya yang ada di Kota Jambi. Salah satunya adalah perangkat pemerintah Kecamatan Pasar Jambi, yang menggelar kegiatan pasar murah bagi warganya.

Bertempat di Kantor Camat Pasar Jambi, Selasa pagi (28/11/2023), Pasar Murah Kecamatan Pasar Jambi Dalam Rangka Pengendalian Inflasi, secara resmi dibuka oleh Camat Pasar Jambi, Syofyan. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Jambi, Hendra Saputra, Sekretaris Camat Pasar Jambi, M. Ridho Kaljannah, Manager Bisnis Perum Bulog Kanwil Jambi, Ashariyanti Pratimi dan Kasi Pengawasan Disperindag Kota Jambi, Supri.

Kegiatan pasar murah Kecamatan Pasar Jambi tersebut bersumber dari dana bantuan khusus Pemerintah Provinsi Jambi tahun anggaran 2023, yang dialokasikan kepada Pemerintah Kota Jambi dalam upaya pengendalian inflasi.

“Untuk sementara ini, kita mengalokasikan kegiatan pasar murah ini khusus bagi masyarakat miskin ekstrem yang ada di wilayah Kecamatan Pasar Jambi. Namun kedepan akan kita laksanakan setiap hari Jumat,” jelas Syofyan, Camat Pasar Jambi.

Syofyan juga jelaskan bahwa sesuai arahan Wali Kota Jambi, semua sumber daya yang ada di Kota Jambi harus mengakselerasikan langkah strategis dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak akibat kenaikan beberapa komoditas yang terpengaruh inflasi. Salah satunya adalah komoditas sembako.

“Ibu Penjabat Wali Kota Jambi, memberi atensi khusus terhadap masalah inflasi ini, sebagai salah satu dari 5 poin program prioritas beliau di Kota Jambi. Kegiatan ini adalah wujud kontribusi kecamatan di Kota Jambi dalam mendukung upaya tersebut. Semoga ini bermanfaat membantu masyarakat kami di wilayah Pasar Jambi,” jelasnya.

Sekretaris Camat Pasar, M. Ridho Kaljannah jelaskan bahwa kegiatan pasar murah tersebut menyasar kepada warga masyarakat yang tergolong dalam kategori miskin ekstrem dan tersebar di seluruh kelurahan di wilayahnya.

“Hari ini kami menyiapkan 70 paket sembako murah yang dapat ditebus masyarakat dengan harga hanya 25 ribu rupiah, terdiri dari beras premium 10 kg, gula pasir manis 1 kg dan tepung terigu 1 kg. Sasarannya adalah warga yang tergolong miskin ekstrem terdampak inflasi, tersebar di empat kelurahan,” ujar Ridho.

Ridho juga sampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Pemkot Jambi melalui Kecamatan Pasar Jambi bersama Perum Bulog Kanwil Jambi.

“Kedepannya kegiatan ini akan terus kita laksanakan sebagai wujud kepedulian Kecamatan Pasar Jambi khususnya dan Pemkot Jambi pada umumnya, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, serta terdampak akibat inflasi ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Kota Jambi, sampaikan bahwa pihaknya akan terus mengakselerasikan langkah agar inflasi di Kota Jambi senantiasa terkendali, terutama menjelang perayaan natal dan tahun baru diakhir tahun ini.

“Agar inflasi tetap terkendali, Kota Jambi akan terus melaksanakan 11 langkah kongkrit upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi. Tentu saja untuk menjalankan upaya pengendalian inflasi, butuh keseriusan dari semua pihak yang terkait dan akselerasi langkah bersama untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang sifatnya preventif,” ujar Sri

Sri juga jelaskan bahwa Pemkot Jambi telah mengambil langkah-langkah strategis menjelang Nataru dan langkah antisipasi tren kenaikan beberapa komoditas di pasaran.

Adapun beberapa langkah kongkrit upaya pengendalian inflasi yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Jambi dalam waktu dekat antara lain :

1. Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jambi, akan menyerahkan bantuan peralatan dan barang bagi 793 pelaku UMKM pada akhir November 2023.

2. Dinas Sosial Kota Jambi, akan menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako pada minggu kedua Desember, bagi 6.910 penerima yang masuk dalam kategori miskin ekstrem di Kota Jambi.

3. Disperindag Kota Jambi akan melakukan Operasi Pasar Murah, berupa penjualan paket sembako bagi masyarakat umum, di empat lokasi, Tugu Keris, Pasar Angso Duo, Pasar Talang Banjar, Tugu Juang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada awal Desember 2023.

4. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, akan melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah pada tanggal 7 Desember 2023, bertempat di kawasan Tugu Keris Kotabaru, serta Pemberian Bantuan 4.000 Tanaman Cabe dalam polibag dan bantuan saprodi bagi kelompok tani, dasawisma dan Kampung Bantar.

5. TPID dan Satgas Pangan Kota Jambi akan melaksanakan sidak gabungan ke pasar, ritel modern dan gudang.

7. Seluruh kecamatan di Kota Jambi akan melaksanakan operasi pasar murah sembako bagi masyarakat kategori miskin ekstrem, pada akhir November hingga bulan Desember 2023.

Penulis : Hendra

Penyunting : Abu Bakar

Sumber Berita : https://jambikota.go.id/content/569

Author

admin kecpasar